CONTACT US

Tips Merawat CCTV

Kamis, 08 September 2016 Artikel

Beberapa langkah Maintenance CCTV Sistem keamanan CCTV yang di dalamnya terdapat komponen elektronik seperti DVR, Kabel Kamera, UPS, dan adaptor ini pun butuh perawatan berkala. Untuk mengurangi kerusakan pada sistem CCTV dan membuatnya awet ada beberapa hal yang dapat kita lakukan.

1. Penempatan DVR CCTV Sebaiknya tempatkan DVR di ruangan yang luas serta mempunyai ventilasi yang baik, akan lebih baik lagi DVR diletakkan di ruangan yang ber-AC. Apabila area penempatan DVR berada di luar ruangan, maka mesti rajin untuk membersihkan perangkatnya supaya bisa berfungsi dengan baik.

2. Pasang perangkat tambahan DVR CCTV Untuk mencegah terjadinya kehilangan daya listrik secara tiba-tiba akibat listrik padam, anda dapat memasang Uninterruptible Power Supply (UPS) sehingga memungkinkan DVR bisa dimatikan secara manual. Cek kondisi baterai pada UPS secara berkala serta tambahkan pula stabilizer untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang diasup DVR.

3. Cek bagian dalam DVR CCTV Periksa secara rutin bagian DVR sekali ataupun dua kali dalam setahun dan bersihkan mainboard dari debu dan kotoran. Jika perlu, pakailah kompresor udara untuk membersihkannya. Selalu periksa pula konektor-konektor kamera yang terpasang pada DVR, apakah sudah benar terpasang atau belum.

4. Update firmware terbaru Untuk mengupdate frimware terbaru anda bisa mengunjungi website vendor CCTV. Dengan firmware terbaru tentunya akan membantu kinerja DVR. Pasitikan firmware tersebut cocok pada DVR anda.

5. Optimalkan konfigurasi video CCTV Periksa ulang pada konfigurasi video, resolusi gambar, kualitas gambar, dan kerapatan gambar. Sesuaikanlah dengan keperluan anda guna memaksimalkan hasil rekaman.

6. Cek jangka waktu hasil rekaman CCTV Periksalah jangka waktu rekaman yang disimpan jika fitur overwrite aktif. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kehilangan data rekaman jika jangka waktu tersebut terjadi suatu kejadian. Cadangkan apabila hasil rekaman dianggap penting.

7. Cek pengaturan keamanan DVR CCTV Pastikanlah alamat IP DVR tidak diketahui secara umum jika DVR tersambung ke jaringan internet, jika perlu pakailah password pada DVR CCTV, dan yang paling penting yaitu pastikanlah hanya ada sedikit orang yang bertanggung jawab secara penuh terhadap pengoperasian DVR guna menghindari adanya penggunaan yang tidak semestinya.

8. Cek Keadaan Kamera Bersihkan lensa kamera jika terjadi pengembunan atau bersihkan secara berkala. Perhatikan tempat yang terpasang kamera semisal di dapur atau tempat tempat lembab lainnya. Jauhkan kamera dari benda benda yang dapat menginduksi nya.

9. Periksa Kabel dan adaptor Pemeriksaan kabel juga tak kalah penting. Cek arus dan tegangan nya. Jalur jalur yang dilewati kabel harus aman dari hewan pengerat, aman dari air, jauh dari medan magnet dan yang pasti kabel yang terlindungi (isolasi).

10. Pemeriksaan Adaptor Pilih dan pasang adaptor sesuai dengan daya yang dimiliki kamera / DVR yang akan dipasang. Kurang dan kelebihan daya akibat salah pasang adaptor juga akan berakibat fatal bagi perangkat CCTV dan meteran listik. Pilih adaptor yang awet dari suhu panas.

 

Sumber: http://news.ralali.com/7-cara-merawat-dvr-cctv-agar-tidak-mudah-rusak/

Main Service

TESTIMONI
  • Juos, Best Performance. Keep Spirit.

    Malladiva Dewa